Warung Babi Guling Bu Rai

Warung Babi Guling Bu Rai

Selasa, 13 Desember 2011

Cara Memasak Beras Merah ( How To Cook Red Rice )

Nasi Beras Merah ( Brown Rice )


Memasak beras merah bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan cara yang tepat, beras merah mudah dimasak dan kandungan gizi tidak hilang.

Beras merah ini memiliki bentuk yang tidak beda dengan beras putih pada umumnya. Hanya saja warnanya yang merah dan kandungan gizi serta khasiatnya yang sedikit membedakan, salah satunya mencegah kolesterol dan banyak mengandung serat yang baik untuk diet. Beras merah ini juga sangat lezat untuk membuat bubur, nasi uduk, nasi goreng atau dimakan bersama lauk pauk dan sayuran. Selain itu, beras merah juga bisa dikreasikan menjadi makanan tertentu atau camilan yang menarik.

Lalu bagaimana cara memasak beras merah ini? Seperti dikutip dari situs Anneahira, berikut cara memasak beras merah yang baik dan benar.

1. Karena kandungan serat yang tinggi dalam beras merah menyebabkan memasak beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dan air yang lebih banyak dari beras biasa. Kalau masaknya hanya sebentar dan airnya kurang, biasanya kurang tanak/matang dan keras.
       
2. Sebaiknya cara memasak beras merah tidak menggunakan alat masak listrik atau rice cooker karena nasi dari beras merah ini akan kurang matang dan masih keras. Sebaiknya memasak beras merah ini seperti cara tradisional yaitu di tanak dulu (direbus) dan kemudian dikukus dalam dandang sampai matang.

3. Setelah beras merah dicuci bersih, rendam beras merah dengan air kira-kira setengah jam untuk membantu melunakkannya. Cara ini bisa dilakukan jika ingin nasinya lebih cepat matang, tapi jika tidak dilakukan perendaman juga tidak masalah.
       
4. Beras merah dimasak dengan air (ditanak).  Ukuran air yang diberikan lebih banyak dari ukuran menanak nasi seperti biasanya, tapi jangan terlalu banyak ya, bisa-bisa malah lembek seperti bubur.
       
5. Setelah nasi yang yang ditanak tadi setengah matang, tandanya nih air yang direbus bersama beras merah tadi sudah sat/habis, kemudian dipindahkan ke kukusan atau dandang. Kalau ingin lebih cepat matang, panaskan air lebih dahulu dalam dandang, lalu masukkan tanakan beras merah tadi (dikukus).



Cooking brown rice is not a difficult thing to do. With the proper way, easily cooked brown rice and the nutritional content is not lost.

Brown rice has a form that is not different from white rice in general. It's just a red color and nutrient content as well as a few distinguishing properties, one of which prevents cholesterol and contain lots of good fiber to the diet. Brown rice is also very delicious to make porridge, rice uduk, fried rice or eaten with side dishes and vegetables. In addition, red rice can also dikreasikan be certain foods or snacks that interesting.

Then how do I cook brown rice this? As quoted from the site Anneahira, here's how to cook brown rice is good and right.

1. Because of the high fiber content in brown rice cooking brown rice cause requires more time and more water than ordinary rice. If you cook just a minute and the water is less, usually less Tanak / mature and hard.
       
2. How to cook brown rice should not use an electric cooker or rice cooker for rice from brown rice will be undercooked and still hard. We recommend that you cook brown rice is like the traditional way in Tanak first (boiled) and then steamed in a steamer until cooked.

3. After the brown rice is washed, soaked brown rice with water about half an hour to help soften it. This method can be done more quickly if you want the rice cooked, but if not done soaking also not a problem.
       
4. Brown rice cooked with water (ditanak). Size is given more water than the size of rice as usual, but not too much so, might even mushy like porridge.
       
5. Once rice is half cooked ditanak earlier, ya sign of boiled water with brown rice had already sat / out, then transferred to a steamer or a steamer. If you want more quickly cooked, heat the water first in the boiler, and enter the red tanakan rice (steamed).



Sumber : http://today.co.id/read/2011/02/09/9529/cara_tepat_memasak_beras_merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar